Saturday, April 6, 2013

Cara melakukan chip in dunk pangya

Sebagian yang kita tau, chip in dunk adalah melakukan tembakan tepat langsung ke dalam hole tanpa menyentuh tanah sedikitpun, tanpa menggunakan power milk maupun power gauge.
keunggulan dari chip in dunk adalah jumlah pang yang di hasilkan bisa mencapai 1000-1100 pang.
sedangkan bila melakukan chip in tomahawk,spike,cobra hanya mendapatkan 500-700 pang.
namun, kelemahan dari chip in dunk ini adalah, kesalahan sekecil apapun dampaknya akan sangat fatal, berbeda dengan toma, kegagalan dalam melakukan chip in dunk dapat membuat bola anda menjauh dari hole kurang lebih 25y tergantung kondisi tanah.

perlu di ingat untuk sangat teliti dan berhati-hati ketika membaca sudut angin dan melakukan hit pangya, kesalahan terbesar terletak pada tersebut.

oke kita langsung aja, syaratnya yaitu memakai drive 1w dengan jarak 260/264 dengan spin 9/11.

sebelum kita menentukan arah geseran pada green , mulailah dengan menghitung jarak total untuk mencapai hole.
dan cara menghitung jarak sesungguhnya atau power yang diperlukan adalah sebagai berikut
contoh :
Blue lagoon hole 2
Jarak : 224
elevasi : -3.16
35 Derajat kiri bawah (tail wind) jumlah angin 3
Tanah : Fairway 100%
Patahan bola : 0 break
Cara menghitung : jarak 224 - -3.16 + 33 = 253.84 karena angin ke bawah kita tambahkan setengah dari 3 atau jumlah angin yaitu 1.5 maka menjadi 255.34
itu adalah total power yang harus anda gunakan untuk melakukan chip in dunk.
dari mana saya mendapatkan 33 ?
33 adalah modifier power yang saya gunakan.
secara universal modifier power untuk 1w terbagi menjadi 3 yaitu 31,32,33
ketika saya mencoba melakukan dunk dengan +31 ternyata kurang tepat dan belum menyentuh hole begitupun dengan +32, maka dari itu saya memilih 33 karena tepat langsung menyentuh hole.
ada baiknya bila kalian ingin mencoba , pilih modifier power yang cocok untuk drive 1w kalian.
kita lanjut, tadi hasil perhitungan jarak adalah 255.34 <--- akan="" anda="" dan="" div="" gunakan="" inilah="" nanti.="" power="" yang="">
langkah selanjutnya kita mencari modifier arah geseran untuk power 255.34.
jika drive 1w kita 260 maka kira-kira sekitar 95-98% power bar
lalu cari modifier geseran untuk power 95-98%
Modifier geseran :
99-100% : 4.66
95-98%   : 4.333
91-94%   : 4
87-90%   : 3.81
83-86%   : 3.60
80-82%   : 3.4

disini kita akan menggunakan 95-98% yaitu modifiernya adalah 4.333
rumus untuk menghitung arah geseran adalah :
sin*sudut*jumlah angin*modifier
contoh :
sin35*3*4.333 = 7.455 bulatkan menjadi 7.46 atau 7.5

jadi hasil perhitungannya adalah 255.34 power dengan geseran green 7.46 ke kanan

kesimpulannya.
power           : jarak -/+ evelasi + modifier power.
arah geseran  : sinDerajat*jumlah angin*modifier geseran

gunakan auto caliper agar mudah menentukan hasil yang maksimal.

No comments: